Cara Mengatasi Susah Tidur Alias Insomnia

Insomnia atau susah tidur sepertinya menjadi penyakit yang umum diderita di zaman modern ini. Gangguan susah tidur terus meningkat dari tahun ke tahun. Terutama di negara-negara berkembang dan maju. Waktu tidur tersita oleh banyaknya pekerjaan dan pikiran yang mengganggu.

Bahkan tak jarang menjelang waktu tidur Anda masih disibukkan dengan aktivitas membuka email, browsing internet atau pun menonton TV. Aktivitas menjelang tidur ini tentu akan berpengaruh pada pola dan kualitas tidur, sehingga tak jarang di antara Anda kerap mengalami kesulitan tidur atau mengalami gangguan tidur.

Jika Anda salah satu penderita insomnia yang kerap kali mengalami gangguan susah tidur, silahkan baca cara mengatasi insomnia di bawah ini:

  1. Pilah-pilih camilan sebelum waktu tidur

Kombinasi karbohidrat yang mengandung tryptophan, misalnya semangkuk sereal dengan susu non lemak, akan membuat kita tidur lebih nyenyak, ketimbang hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. Karbohidrat akan membantu melepaskan zat-zat kimia dalam darah yang menyebabkan gangguan tidur, dan akan menyampaikan sinyal ke otak bahwa tubuh Anda sudah siap istirahat.

  1. Makan buah cherry

Di malam hari, cobalah makan beberapa buah cherry. Para pakar menemukan bahwa selai buah cherry memiliki fungsi yang sama dengan melatonin, hormon yang dilepaskan oleh tubuh kita yang akan menjaga pola tidur.

  1. Makam malam seafood

Makan malam dengan hidangan laut, seperti ikan, bisa membuat tidur tambah nyenyak. Ikan cod, tuna, kakap, halibut, dan udang, mengandung tryptophan yang sangat baik untuk membantu Anda tidur pulas. Jumlahnya sebanding dengan kalkun.

  1. Hindari konsumsi cabai

Jauh-jauhlah dari cabai kalau ingin cepat tidur. Sebab makan makanan pedas sebelum tidur bisa menaikkan suhu tubuh dan mencegah Anda tertidur, dan juga meningkatkan detak jantung.

  1. Jangan makan makanan China

Makanan China, sayur kalengan, sup, dan makanan cepat saji lainnya, terkenal menggunakan banyak penyedap (MSG). MSG bisa menyebabkan sakit kepala dan insomnia untuk sebagian besar orang. Cek dulu label kemasan pada makanan kalengan jika Anda mengonsumsinya pada malam hari.

  1. Pilih teh, daripada kopi

Kafein terkenal sebagai zat yang membantu kita untuk tetap terjaga. Contohnya kopi. Gantikan minuman ini dengan secangkir teh. Teh hanya mengandung separuh kafein dari kopi. Teh juga membantu kita untuk melepaskan rasa stres. Kalau tidak tahan teh hitam, coba gantikan dengan teh hijau.

  1. Aroma lemon mint

Tambahkan aroma mint dan lemon dalam minuman atau makanan Anda. Mint dan lemon punya zat yang mampu melegakan pernafasan.

Bunga Pencegah Insomnia

Banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia, salah satunya dengan memakai wewangian bunga. Berikut adalah tiga jenis bunga yang sudah terbukti membantu datangnya kantuk.

  1. Bunga Melati

Letakkan segenggam bunga melati di dekat tempat tidur. Selain membuat ruangan lebih semerbak, melati diketahui akan membuat tidur REM lebih dalam.

  1. Bunga Lavender

Aroma bunga lavender akan memperlambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah peneliti dibandingkan efek minyak lavender dengan plasebo yang disemprotkan di seprai 12 wanita penderita insomnia. Hasilnya, wanita yang tidur di ruangan dengan wangi lavender tidur lebih cepat dan bangun dengan segar.

  1. Bunga Gardenia

Dalam ilmu Ayuverda, bunga gardenia sudah dipakai untuk mengatasi rasa marah dan ketidaksabaran. Aromanya yang manis diketahui juga membantu mata lebih cepat terpejam.

Makanan untuk Menghilangkan Susah Tidur

Biji buah pala, seledri dan kangkung merupakan tiga bahan makanan yang terbukti bisa mengatasi susah tidur. Bila Anda bermasalah dengan gangguan tidur (insomnia), cobalah tiga serangkai ini. Dijamin Anda akan bisa tidur nyenyak.

Direbus atau DijusKangkung dan seledri dapat dikonsumsi sebagai sayuran, sedangkan pala bisa dibuat sirop atau manisan. Ketiga bahan tersebut bisa diramu untuk mengatasi gangguan tidur.

Bagaimana caranya? Seperti dijelaskan Adriana dari Herbacure, takarannya bebas, misalnya masing-masing 1 genggam daun kangkung dan seledri basah serta pala secukupnya. Dalam bentuk kering, kurang lebih beratnya sekitar 3-10 gram.

Rebusan daun kangkungCuci bersih dua genggam kangkung yang telah dibersihkan bagian batang bawahnya, dua genggam seledri, dan pala secukupnya. Panaskan tiga gelas air sampai mendidih. Selanjutnya masukkan ketiga bahan tersebut dan tunggu sampai airnya tinggal satu gelas. Bisa ditambahkan satu sendok teh madu bila suka. Minum ramuan ini setelah makan malam atau sebelum tidur.

JusCuci bersih satu genggam kangkung segar yang telah dibersihkan batang bawahnya, satu genggam seledri, dan pala secukupnya. Ketiga bahan tersebut dimasukkan ke dalam blender yang telah diisi satu setengah gelas air. Setelah dijus, Anda dapat menyaringnya dan menambahkan satu sendok teh madu atau susu secukupnya agar lebih manis. Jika ingin lebih segar, tambahkan es batu. Minum sesudah makan malam atau sesaat sebelum tidur.

Penyakit susah tidur mungkin terdengar sepele, tapi jika dibiarkan tentu akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Semoga artikel cara mengatasi susah tidur ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Reply to this thread

This site uses cookies and other tracking technologies to differentiate between individual computers, personalized service settings, analytical and statistical purposes, and customization of content and ad serving. This site may also contain third-party cookies. If you continue to use the site, we assume it matches the current settings, but you can change them at any time. More info here: Kebijakan Privasi dan Cookie